BLOGGER TEMPLATES AND Twitter Backgrounds »

Minggu, 05 Juni 2011

b.indonesia


PANCASILA MODAL HADAPI RADIKALISASI


Tujuan                                     : Makalah Diajukan untuk tugas Bahasa Indonesia
Oleh                                        : Devi Nurina Sari
NPM                                       : 10108552
KELAS                                   : 3KA18
Jurusan                                    : Sistem Informasi
Fakultas                                   : Ilmu Komputer

Universitas Gunadarma

2011




KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan penyusunan tugas penulisan yang berjudul “Pancasila Modal Hadapi Radikalisasi”.
Penulisan ilmiah ini adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Bahasa Indonesia.
Dalam pembuatan tugas penulisan ini, penulis menkyadari bahwa masih ada kekurangan dalam menyelesaikannya. Namun penulis ini mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Jono Saroyo selaku dosen Bahasa Indonesia di Universitas Gunadarma, yang telah memberikan tugas dan materi yang membuat penulis dapat menambah pengetahuan.
2.      Rekan rekan yang telah membantu dalam penyelesaian penulisan ini.
Semoga materi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan sehingga dapat membantu penulis dalam menambah pengetahuan.

Bekasi, 2011

Devi Nurina Sari





BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Kekerasan yang di lakukan oleh sesama Negara semakin lama semakin membuat kita takut dalam menghadapinya. Terutama pada serbuan terhadap islam yang baru baru ini kita alami.
Atas dasar itu semua, penulis mengambil judul artikel ini untuk membahas dan menambah pengetahuan bagi kita semua.

1.2  Batasan Masalah 
Dalam penulisan ini, penulis membatasi permasalahan pada kekerasan yang terjadi antar Negara.

1.3  Tujuan Penulisan
Penulisan ini dilakukan dengan bertujuan agar dapat membantu kita dalam hal yang baik atau pun hal yang tidak baik. Salah satunya yaitu dalam kekerasan yang terjadi antar Negara.












BAB II
PEMBAHASAN

Pancasila tetap merupakan modal terpenting menghadapi serbuan islam transnasional seperti dikampanyekan Osama Bin Laden dan pengikutnya yang sangat mengancam keutuhan bangsa. Ancaman meliputi ancaman fisik hingga peledakan bom dan kerusakan generasi muda akibat radikalisasi. Pancasila relevan sebagai modal social, moral, ideology, dan historis, tetap untuk digunakan perlu dibersihkan dari sejarahnya yang pernah dimanfaatkan untuk melanggengkan keotoriteran orde baru dan Soeharto.

“Pancasila adalh sumber terdekat yang mempersatukan bangsa ini dalam sejarahnya dan mestinya itu dijadikan pengangan kembali ketika pemerintah dan Negara gagal menyejahterkan warganya, lalu warga berpaling kepada ide – ide abstrak yang tampak lebih menarik, seperti gagasan yang dibawa islam transnasional”.

Salah satu bentuk jelas dari gagasan abstrak itu antara lain terbentuknya aturan pemerintah berbasis syariat di Aceh. Kegagalan Negara melindungi dan mempertahankan keutuhan bangsanya melalui konsep ideology ini kembali mendapati tantangan oleh tawaran ideal islam transnasional yang masih membawaide islam zaman abad ke-13.










BAB III
KESIMPULAN

3.1 Kesimpulan

Kekerasan yang terjadi antar Negara dapat kita hindari dengan saling menghargai dan saling menghormati sesame umat beragama. Dengan kita saling menghargai dan menghormati kekerasan itu akan sedikit demi sedikit akan berkurang. Karena kekerasan dapat di alami oleh siapapun terutama pada anak – anak kecil yang tidak mengetahui masalah apapun.
Melalui penulisan ini diharapkan agar tidak adanya kekerasan yang terjadi lagi. Dan dapat menyadarkan kita semua agar hidup yang lebih baik.




















DAFTAR PUSTAKA

Ody. 7 Mei 2011. “Pancasila Modal Hadapi Radikalisasi”. Kompas halaman 4.

0 komentar: